ANALISIS PERBEDAAN KEPUASAN KONSUMEN ONLINE SHOP ANTARA TOKOPEDIA DAN SHOPEE PADA MASYARAKAT KOTA SANGATTA KABUPATEN KUTAI TIMUR

Meita Sondang Riski Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nusantara Sangatta Email : meitasondang@yahoo.com Kaharuddin Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia - Samarinda Jl. Dr. Muhammad Yamin no 78 RT VII Samarinda 75119 email : kahar_asa@yahoo.com

  • Meita Sondang Riski
Kata Kunci: Kata Kunci : kepuasan

Abstrak

Tujuan penelitian adalah menganalisis perbedaan  kepuasan konsumen  online shop antara Tokopedia dan  Shopee  pada masyarakat Kota Sangatta Kabupaten Kutai Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan dalam penghitungannya menggunakan aplikasi program SPSS. Versi 21. Uji hipotesis menggunakan  uji Mann Whitney,  digunakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata  dua sampel yang tidak berhubungan. Hasil pengujian di atas dapat dilihat dari nilai Asymp Sig (2 tailed) yaitu 0,001. Berdasarkan output Test Statistics diketahui bahwa nilai Asymp Sig (2tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan kepuasan antara konsumen  online shop antara Tokopedia dan  Shopee  pada masyarakat kota Sangatta kabupaten Kutai Timur.

Diterbitkan
2024-03-28