Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Politeknik Negeri Balikpapan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

  • ida suriana

Abstrak

Pelayanan publik yang dilakukan oleh instansi pemerintah merupakan bagian dari tanggung jawab pemerintah untuk memberikan layanan kepada setiap warga negara. Dalam pelayanan publik yang dilakukan dapat membangun kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pelayanan publik. Politeknik Negeri Balikpapan sebagai penyelenggara layanan Pendidikan memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prespsi dan kepuasan masyarakat terhdapa pelayanan Unit Layanan Terpadu (ULT) Politeknik Negeri Balikpapan. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif dengan menggunakan analisis Indek Kepuasan Masyarakat berdasarakan Peraturan Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Jumlah Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 285 orang. menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Data yang dikumpulkan, dilakukan dengan metode kuisioner atau angket. Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Unit Layanan Terpadu (ULT) Politeknik Negeri Balikpapan diukur berdasarkan kepuasan masyarakat menggunakan IKM secara total dari 9 indikator pelayanan pada rentang nilai IKM   80.04 dengan nilai konversi IKM pada rentang 62,51-81,25 yang berada pada kategori mutu pelayanan dan kinerja pelayanan baik. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat merasa puas tenhadap pelayanan yang diberikan dengan adanya mutu pelayanan dan kinerja pelayanan yang baik.

.

Diterbitkan
2023-03-17