ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA DHL DI SANGATTA

Jaenudin, Meita Sondang Riski STIE Nusantara Sangatta

  • Meita Sondang Riski

Abstrak

Abstrak

Tujuan penelitian adalah menganalisis  pengaruh  variabel independen yaitu citra perusahaan  (X1), persepsi harga (X2) terhadap variabel dependen yaitu keputusan menggunakan jasa DHL (Y) baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda dan dalam penghitungannya menggunakan aplikasi program SPSS. Versi 21. Hasil penelitian  menunjukkan pengaruh variabel  citra perusahaan  (X1), persepsi harga (X2) terhadap keputusan menggunakan  jasa DHL tergolong kuat  sebesar 70,3 %.  Secara parsial maupun simultan pengaruh variabel independen (citra perusahaan, persepsi harga) terhadap variabel dependen (keputusan menggunakan jasa DHL) signifikan dan hubungan fungsional antara variabel citra perusahaan  (X1), persepsi harga (X2) terhadap keputusan menggunakan jasa DHL dapat digambarkan dengan model berikut: Y =  0, 825 + 0,565 (X1) + 0,328 (X1) +  e. Kedua variabel independen yang diteliti dapat digunakan untuk mengestimasi keputusan menggunakan jasa DHL, terbukti dari hasil asumsi klasik yang membuktikan tidak adanya  multikolinieritas, heterokedastisitas dan auotokorelasi.

 

 

Kata kunci : citra perusahaan, persepsi harga, keputusan menggunakan jasa

Diterbitkan
2023-03-17